Senin, Februari 02, 2009

Easislides & Easyworship Trial: Lessons Learned

Translate to : by

"Mayday.. mayday.. the video background is not working.. I repeat, the video background is not working.. please respond immediately!" :p

Yah, itulah kira-kira gambaran yang terjadi selama weekend kemarin (sabtu dan minggu) :p. Untuk kedua dan ketiga kalinya, saya gagal menampilkan motion-loops hasil download-an saya sampai subuh (itu alasannya anda mendapati saya online sampai subuh belakangan ini, hehe). Ternyata kompatibilitas antara hardware (projector dan laptop) dan software (dalam hal ini Easyworship atau Easislides) adalah issue yang paling penting saat akan melakukan presentasi lagu dalam ibadah. Oleh karena itu pelajaran pertama yang bisa diambil adalah perlunya survey hardware dan perlengkapan pendukung lainnya sebelum memilih software yang akan digunakan. Kemudian jangan lupa untuk melakukan pengujian sederhana untuk memastikan semua fitur yang dibutuhkan pada software berfungsi (video background, media playing, alerts, video feeding).

Hari sabtu saya bertugas di persekutuan Pakars (pengusaha dan karyawan) di hub podium gedung Standard Chartered di Sudirman, Jakarta. Ruangan ini memiliki akustik yang baik (walaupun saya kurang mengerti), sound yang komplit dan (the most important one) perlengkapan multimedia yang sangat canggih dan lengkap. Di dalam ruangan yang dimiliki dan dikelola oleh Pundi Sarfat (milik Abba Love) ini, terdapat satu projector screen besar (kalau tidak salah ukurannya 1,5 x 1,5 m2) yang digantung di atas-belakang panggung. Selain itu ada 1 buah TV LCD yang diperuntukkan bagi pelayan musik atau pembicara supaya tidak perlu menengok ke belakang untuk melihat apa yang sedang ditampilkan. Selain itu di tiang-tiang ruangan ditempelkan beberapa LCD TV juga, sehingga orang-orang yang duduk di dekat tiang-tiang itu bisa melihat tampilan dengan nyaman. Tapi yang lebih keren adalah mixer + switch yang digunakan untuk mengatur tampilan seluruh layar dan LCD TV yang ada sekaligus untuk melakukan mixing video dari beberapa input. Dengan mixer ini kita bisa membuat efek-efek seperti menampilkan lagu sekaligus gambar yang ditangkap handycam/camera dengan fitur transparansi. Cool isn't it? Menurut bapak soundman (sekaligus penanggung jawab ruangan), investasi untuk perlengkapan multimedia yang saya sebutkan tadi (mixer, switch, splitter), dihabiskan investasi sekitar 10 juta rupiah. Kalau yang dipakai oleh Hillsong berapa yah? * wondering *

Tapi sayangnya.. (as I wrote above) Saya gagal memanfaatkan perlengkapan itu dengan optimal karena kurangnya persiapan (sigh). Yah apa boleh buat, namanya juga belajar :p Kemarin saya memutuskan memakai Easyworship 2006 Trial yang sepertinya lebih stabil dari 2007 Trial. Sehari sebelumnya saya sudah menyimpan teks lagu yang dibutuhkan di database dan mengimport semua video loop yang saya ingin gunakan. Saya juga sudah mencek video yang saya import dengan mencoba memutarnya (playback) di fitur preview Easyworship. Sebenarnya ketika saya coba pada mode single view (hasil presentasi ditampillkan di monitor yang sama), video backgroundya memang tidak keluar (tapi teksnya ada). Saya kira memang video itu baru muncul ketika ditampilkan pada mode dual view (hasil presentasi ditampilkan pada secondary monitor). Ketika saya datang ke ruangan persekutuan (40 menit sebelum acara) dan mencoba menjalankan Easyworship, teetooot... video background tidak tampil. Saya mencoba-coba mengatur konfiguras tapi tidak muncul juga. Eh, ketika saya coba dengan Easislides, videonya bisa muncul! Sayangnya saat itu, saya sudah tidak sempat memasukkan lagu-lagu yang akan dipakai ke database Easislides. Yah, kesalahan saya: tidak menyiapkan software cadangan/backup (dalam hal ini Easilides) dengan mengimport teks lagu-lagu yang dibutuhkan >.< Untungnya, background yang berupa image bisa tetap digunakan. Saya juga memakai thumbnails video-video yang gagal ditampilkan itu menjadi static background. Caranya dengan menonaktifkan DirectX Support pada setting Easyworship.

Malam harinya, seorang abang yang bertugas menjadi operator projector di ibadah dunia kerja GKKD di hari minggu, mengirimkan sms untuk meminta saya menggantikan beliau menjadi operator karena beliau tidak bisa datang tepat waktu. Dalam hati, saya berkata "kesempatan balas dendam nih..", jadi saya menerima tawaran itu dengan senang hati. Teks lagu untuk ibadah sudah diberikan oleh tim prophetik 2 hari sebelumnya jadi hanya dibutuhkan 1-2 jam untuk memasukkannya ke database.

Saya memutuskan akan menggunakan Easislides untuk ibadah minggu karena saya pikir, jika di hub podium bisa berjalan dengan baik, seharusnya di tempat ibadah minggu juga bisa (karena sama-sama menggunakan projector ber-resolusi 800x600 pixels). Jadi setelah mempersiapkan lagu, saya tidur dengan nyenyak dan bangun pagi-pagi benar untuk sate, olahrag dan langsung menuju tempat ibadah. Saya tiba di tempat ibadah 40 menit sebelum ibadah mulai (beuatiful and elegant way of serving, right :D). Tapi... sayang nya ibadah sebelumnya terlambat.. jadi sekalipun saya sangat tepat waktu, saya baru bisa mulai mensetting peralatan 5 menit sebelum ibadah mulai.. - -" (well, at least, I did my best). And Guess what? Easislides ngambek! Videonya lagi-lagi tidak muncul.. @.@ But behold, belajar dari kesalahan kemarin, saya sudah menyiapkan lagu-lagu di Easyworship juga sebagai backup. Tapi ya, ternyata video background juga tetap tidak berfungsi di Easyworship Trial :p Jadi lagi-lagi saya hanya memakai static background (images) untuk presentasi lagu.

Setelah ibadah, saya berkonsultasi dengan kakak & abang senior di multimedia. Ternyata penyebab Easyworship tidak dapat menampilkan video loop dengan baik adalah format videonya. Akhirnya, mereka mencoba meng-convert video-video saya menjadi format .wmv (sebelumnya .avi yang diconvert dari .flv) menggunakan Windows Movie Maker 2.0. Dan, voila, video background berfungsi dengan baik menggunakan projector milik gereja. At least, saya sudah siap jika harus menjadi operator di ibadah gereja, hehe :D Jadi pelajaran yang kedua adalah berhati-hati memilih format video. Terkadang format yang namanya sama belum tentu diperlakukan sama oleh Easyworship/Easislides. Jadi selalulah sediakan converter video (yang legal tentu, hehe..). Untuk Easyworship, Windows Movie Maker adalah senjata pamungkas yang ampuh ;)

Jadi pelajaran multimedia yang saya dapat weekend kemarin :
1. Selalu sediakan backup software (termasuk lagu-lagunya)
2. Lakukan survei untuk menguji kompatibilitas software dan hardware
3. Perhatikan baik-baik format file media yang akan digunakan dan milikilah koleksi converter yang lengkap (dan legal, tentu)
4. Sebaiknya milikilah perangkat pengujian pribadi : kabel serial vga + monitor komputer (lebih bagus sih, klo punya LCD projector :D). Sehingga kita bisa mencoba dengan dual view mode.

6 komentar:

Anonim 3:17 PM  

Mayday... mayday... --> jadi ingat lagu D'Cinnamons, "Mayday, Mayday... I'm in love"CMIIW.
Maap ga nyambung

Kekna di mana2 berhubungan dengan multimedia yak...

Terus memberkati lewat pelayanannya ya di manapun.

Unknown 3:25 PM  

@joice:
wah baru denger tuh lagu :p
terinspirasi dengan film2 perang aja sih :D

ya gitu lah, tiap kali orang tau latar belakang aku IF ato kerja di IT, pasti langsung diidentikkan dengan multimedia. selain itu aku emang suka sih.. hehe

amin. thx :D mari sama-sama memberkati tubuh Kristus dan (calon) tubuh Kristus dengan talenta kita, hehe.

Anonim 10:01 AM  

nes...

good writing & good information...
very detail & carefully person.
caioo..maju terus untuk memberkati!!

Unknown 11:00 AM  

@Anonymous:

tararengkyu kk anonim :D semoga bisa berguna..

eniwei seharusnya detail & careful person sih,hehe :p

Unknown 12:24 AM  

oo ternyata ini komen dari ci maudy ya? kupikir siapa, hehe.. thx for visit, ci :D

Unknown 3:43 PM  

Astaga gan.. saya baca panjang lebar ternyata format video. itu mah saya juga sudah ngalamin. hahaha.. btw, lagi cari solusi buat feeding handy cam ke easy worship. karena pci tv tuner gadmei rusak, akhirnya beli usb tv stick. tapi ngambek n gak mau feeding. klo ada solusi tolong email ke rucan1986@gmail.com yah gan.^^

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP